Monday, December 23, 2013

Cinta is Lebay?!

What?! Cinta is Lebay?

Kata orang – orang, bukan orang-orangan sawah ye… Menurut mereka, cinta itu senyum, cinta itu menyakitkan, cinta itu KEBAHAGIAAN, cinta itu warna. Dari beberapa pendapat para korban chintah (agak alay-an dikit), gue dan temen sebangku gue cukup menyimpulkan bahwa tak ada alas an untuk mengartikan cinta. Lau kenapa gue nulis arti cinta kayak gini?! Ini cinta bukan sembarang cinta, ini tentang para korban cinta yang katanya cinta itu sejatilah, dua sejolilah. Parahnya lagi ada yang ngakuin dunia ini milik mereka berdua. Lah, emang lu gak capek apa ngepel dunia segede ini Cuma berdua?! Coba  bayangin, kalian yang bilang gitu ngerjain pekerjaan rumah terus pencar buat ngepel dunia ini. Mau nyebrang laut gak ada yang bantu dan akhirnya di antara kalian ada yang bilang “Kamu gak peduliin aku! Harusnya kita jalan berdua di dunia ini…! Aaah prekk!! Akhirnya kalian mati terpisah gara-gara ngepel!!! Gila kan?! Kata orang Jawa, alias gue sendiri nih, “kuapokmu kapan, leee?!” 

Biasa aja buat nyatuin cinta kalian. Cukup dengan wadahi ketulusan, ikhlas, dan sabar aja di KOTAK lu. Maksud gue itu lho hati lu. Gak usah repot-repot bilang “yang ada di hati aku cuma kamu, beib.” “apapun akan aku lakuin buat kamu beib.” “aku nggak bias hidup tanpamu, beib”, “cinta matiku hanya untukmu, beib” aaarrrgh! Basi tau nggak?! Bukan maksud gue nulis kayak gini jelek-jelekin cinta ye… Sadar woi! Secara nggak langsung lu udah menuhankan beibeh lu itu, Bang! Neng!

Efek samping jatuh cinta itu bias buat tingkah laku lu lebay, perkataan lu alay. Kalo lu perhatiin, tembok sekitar lu udah jadi korban pelampiasan kegalauan dan KERINDUAN ke pasangan lu tau… Di sana sini ada tulisan “Jika kau lupakan aku, aku akan jauh darimu”, ”I want you back”, “Siti mambu lemah luph Toyib balik omah – 4ever 2gether”, aiiih~ kebersihan sebagian dari iman, cuy!

Bisa jadi yang baca ni cerpen batin”please deh, lu curhat ye, lis penulis?!”. Oke oke, no problem. Pro-kontra itu wajar. Tapi respect ke lu semua itu lebih penting buat gue, cuy. Gue udah kenal yang namanya jatuh cinta. Udah pernah gue deket sama seseorang. Bukan maksud untuk mbendhelin kepala ye, tapi gue termasuk tipe orang yang tanggung jawab sama apa yang udah gue janjiin. Gue sempet yakin hubungan ini bakal awet. Karena kita udah janji ini itu. Pergi ke sini dan situ. Ngobrolin masa depan, bahkan anak setan aja jadi bahan obrolan. Pups, ups… cinta damai, mbah… Dan hal ini terjadi sejak negara api menyerang padang asmara gue (oke ini alay, lis). Dia bilang kalau gue aneh, gue kadang lebay dalam mengkhayal. Entah terlalu tingggilah, kadang susah untuk dia pahamilah. Gua juga gila akan IMPIAN. Gak marah kok, Cuma ngrasa aja ni kisah gue kayak kertas yang ditempel di dinding pake lem, lama kelamaan perekatnya kering terus hilang deh. Begitulah gue dan dia. Logikanya kalau udah kering tu kertas bias dikasih lem lagi kan? Tapi ini beda, cuy… dia udah gak mau lem lagi, eh. Ngenes deh pokoknya. Mungkin dia udah gak betah sama keanehan, kegilaan, dan keimajinasian gue. Selesai deh kita. Alhamdulillah, uulalaaa~ Tapi  bagi gue… gila akan imajinasi dan keanehan itu asyik, apalagi bias mengekspresikan segila mungkin! Wuuuw!! Rasanya tu kayak terjun payung sambil angkat tangan dan teriak-teriak gak jelas dikelilingi tamparan angina sejuk, Nah, asal lu bias ngadepin efek sampingnya di kehidupan lu. Contoh kecil kayak sepercik cerita-cerita aneh gue di atas.

Pernah kenal ketulusan saat bareng dia. Rasanya emang nyaman. Tapi setelah semuanya jadi sejarah kehidupan, yang bisa gue inget Cuma gue pernah deket sama tu adam. Setelah itu gue kayak orang blo’on yang lupa rasanya kangen saat falling in love, lupa gimana harus mencintai dengan tulus, bahkan lupa caranya jatuh cinta lagi. Dan sialnya lagi, niat nonton film buat ngilangin galau malah inget masa lalu. Rasanya tu kayak habis lonjak-lonjak terus tiba-tiba jongkok di pojok ruang gelap sambil gigit jari. Bego banget kan, twiips? Yang bisa gue lakuin sekrang Cuma usaha dan DO’A untuk jalani hidup.

Hanya Allah, keluarga, dan temen yang jadi penyemangat gue. Ada mas gue yang hobi banget nganiaya gue, mbak yang hobi caci maki gue, ada temen-temen di sekolah yang mau gila-gilaan dan narsis bareng gue. Juga ada senior yang gilanya gak ketulungan sama gue. Nggak kebayang kalo kita dikolaborasiin. Mungkin udah ada laboratorium di bawah rumah-rumah lu yang isinya otak-otak kegilaan kita. Eh, kita?! What the hell?! Masa bodolah, yang penting mereka adalah penyemangat hidup gue sekarang. Dan yang bisa gue katakan di setiap hembusan nafas gue Cuma “ALHAMDULILLAAH HIROBBIL’AALAMIIN”

En pe titik dua ini ayat penyemangat gue, “Sebab sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (urusan dunia) maka bersungguh-sungguhlah (dalam beribadah), dan hanya kepada Tuhanmulah berharap”  QS. Al Insyirah; 5-8

Dengan ini gue sadar bahwa, di dalam hidup, kita tak akan pernah kenal kerinduan jika kita tak bisa membuat kebahagiaan mengenai kita, diperkuat dengan impian positif dan semua itu di bungkus dalam kotak ketulusan dan do’a dari dalam hatimu.



                                                                                                                -Rifa-

0 comments:

Post a Comment